Friday, July 1, 2011

Pengertian Dan Tata Cara Web Counter Google Analytics Pada Blog


Web Counter itu apa sich?? pasti anda tahu jawaban dari pertanyaan saya, web counter adalah statistik jumlah pengunjung website maupun blog (jika anda menggunakan fasilitas blogger tentunya). Bila anda seorang publisher, anda perlu menggunakan web counter untuk menganalisa pengguna internet yang berkunjung ke website maupun blog anda.

Hal ini sangatlah penting, pasti anda akan bertanya kenapa?? anda tidak akan tahu berapa banyak orang yang telah membuka website maupun blog anda, berapa banyak kunjungan perhari ke website maupun blog anda. Apakah yang berkunjung adalah pengunjung baru atau pengunjung yang telah berkunjung kembali ke website maupun blog anda, bagaimana caranya sampaipengunjung tersebut membuka website maupun blog anda. Apakahpengunjung tersebut membuka website maupun blog anda melalui search engine?? atau melalui hyperlink dari website atau blog orang lain dan masih banyak lagi.

Pada intinya dengan menggunakan web counter, anda bisa menganalisa dan mempelajari semua itu. Agar anda bisa lebih efektif untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke website maupun blog anda, salah satunya web counter yang lengkap fasilitasnya dan gratis dalam mengunakannya adalahGoogle Analytics.

Saya akan memberitahukan catatan ringkasan web counter google analyticstersebut.


Ada 4 kolom besar yang ditampilkan untuk report Executive Overview :
  1. Kolom Visits and Pageviews yaitu laporan jumlah kunjungan perhari dan jumlah halaman yang telah dibuka oleh si pengunjung tersebut.
  2. Kolom Visits by New and Returning yaitu jumlah persentase pengunjung baru dan pengunjung yang telah berkunjung kembali ke website maupun blog anda.
  3. Kolom Geo Map Overlay yaitu jumlah presentase kunjungan berdasarkan letak lokasi geografis anda, melingkupi Negara, Provinsi, dan Kota.
  4. Kolom Visit by Source yaitu asal dari pengunjung tersebut, apakah melalui search engine, website maupun dari blog orang lain, dan sebagainya.
Anda juga bisa menganalisa lebih rinci pada pada kolom All Repots. Saya akan menjelaskan langkah-langkah menggunakan web counter Google Analytics, sebagai berikut ini :

  1. Klik tulisan ini "Google Analytics" dan klik sign-up untuk mendaftar. Anda juga wajib memiliki account Gmail, bila belum punya silahkan anda klik tulisan ini "Daftar di Gmail"

  2. Setelah anda berhasil mendaftar dan memilki account Gmail, masukan email Gmail anda untuk mendaftar di Google Analytics. Jangan lupa di klik Sign-up

  3. Lalu isi Website URL dengan alamat website maupun blog anda, misalnya : http://websiteanda.com atau http://bloganda.blogspot.com

  4. Isi data lengkap anda, lalu klik continue untuk melanjutkan proses berikutnya.

  5. Checklist bagian box kecil untuk menyetujui persyaratan dalam penggunaan Google Analytics lalu klik Create New Account.

  6. Kemudian copy code tersebut lalu paste pada website maupun blog anda, jika anda pengguna blog simpan code tersebut pada elemen halaman klik tambah gadget lalu disimpan pada HTML/Java Script lalu di save.

  7. Setelah itu anda kembali ke Google Analytics lalu klik continue untuk melanjutkan kemudian klik view report pada website maupun blog anda yang akan anda analisa.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Your SEO optimized title page contents